UCAPAN IDUL FITRI

SELAMAT DATANG DI BLOG SD MUHAMMADIYAH TELUK BETUNG ALABIO.

Thursday, June 8, 2017

LAGU INDONESIA RAYA 3 STANZA

Permendikbud Soal Indonesia Raya 3 Stanza Diterbitkan Juli 2017

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid, mengatakan Peraturan Mendikbud (Permendikbud) tentang menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan tiga stanza diperkirakan terbit bulan depan, Juli 2017. Indonesia Raya tiga stanza akan diterapkan pada tahun ajaran baru.

"Tahun ini (target Peraturan Mendikbud, red). Tahun ajaran baru kita sudah pakai, Juli," kata Hilmar di Gedung E, Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2017).




Kemendikbud sedang menyusun pedoman menyanyikan Indonesia Raya dengan tiga stanza. Dikatakan Hilmar, menyanyikan tiga stanza membutuhkan waktu sekitar 3,5 menit dan tak akan menganggu pelajaran jika dinyanyikan sekali waktu dalam sepekan.

"Soal tiga stanza ini aturan yang baru tapi pedomannya lagi kami bikin detailnya karena mempertimbangkan waktu juga. Tiga stanza panjang juga kalau kita nyanyi (sekitar, red) 3,5 menit. Saya kira kalau seminggu sekali orang masih bisalah," terang Hilmar.

Jika peraturan tersebut sudah disahkan maka sekolah-sekolah harus mengumandangkan Indonesia Raya tiga stanza, sesuai amanah Kementerian. Sebagai bekal sosialisasi, Kementerian akan memberikan materi dan CD lagunya ke masing-masing sekolah.

Jadi Permendikbudnya cuma bilang bahwa pedoman inilah dan nanti diperintahnya di sekolah-sekolah. Tapi pedoman itu juga nanti lampirannya ada lagi seperti CD yang atur conduct. Conduct itu suka salah lho," ujar Hilmar.
(aud/idh)

sumber : detik.com


untuk download lagu Indonesia Raya 3 stanza silakan klik disini

No comments:

Post a Comment