Seperti halnya Matematika pemisahan muatan pelajaran PJOK pada kelas tinggi,
tentunya berpengaruh pada perangkat pembelajaran. Misalnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, tentunya juga berdiri sendiri diluar
tematik. Untuk itu guru PJOK yang mengajar di kelas 4 berikut kami
sajikan Perangkat Pembelajaran berupa RPP yang sudah disesuaikan dengan
edisi revisi terbaru.
Berikut kami tampilkan contohnya
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD Muh. Bersub. Teluk Betung
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK)
Kelas / Semester : 4 / 2
Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 1. Aku dan Cita-citaku
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit (1
Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, serta dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Tujuan Pembelajaran
·
Dengan
bermain kasti siswa mampu mengaplikasikan keterampilan memukul, melempar, dan
menangkap bola, serta keterampilan berlari dengan benar.
C. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.7 Menerapkan prosedur variasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
4.7 Mempraktikkan variasi gerak dasar
langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
dalam aktivitas gerak berirama
Indikator:
·
Mendemonstrasikan
keterampilan memukul, melempar dan menangkap bola, serta keterampilan berlari
dalam permainan kasti.
D. Materi Pembelajaran
·
Permainan
bola kasti
E. Metode Pembelajaran
·
Kolaborasi
metode ceramah, diskusi, refleksi, resitasi dan tanya jawab, dilaksanakan
secara kontekstual dengan pendekatan saintifik.
F. Media Pembelajaran
·
Gambar
terkait materi.
G. Sumber Belajar
·
Buku
Guru dan Buku Siswa Tematik Kelas 4 SD/MI serta buku referensi lainnya.
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡ Guru mengecek kehadiran siswa.
¡ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
¡ Guru menjelaskan aspek, jenis dan teknik penilaian yang
akan dilaksanakan.
¡ Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan
kegiatan literasi selama 5 menit.
|
20 menit
|
Inti
|
¡ Siswa kelapangan untuk melakukan kegiatan olahraga
¡ Guru mendampingi siswa menuju kelapangan,kemudian
memberi instruksi untuk pemanasan dilakukan minimal 10 menit
¡ Siswa memperagakan aktivitas lempar tangkap bola kecil
berdasarkan contoh yang di beri guru
¡ Guru meminta siswa agar tidak memilih-milih teman.Guru
memberi penghargaan pada siswa tentang hal ini agar mereka termotivasi untuk
selalu membiasakan diri mensyukuri keberagaman sebagai anugrahTuhan yang Maha
Esa
¡ Siswa mempraktekkan keterampilan melempar dan menangkap
bola ini dalam permainan (penilaian 1 )
¡ Setelah mempraktekkan permainan kasti ,siswa menjawab
pertanyaan pada buku dan mendiskusikannya dengan teman
|
50 menit
|
Penutup
|
¡ Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan
pertanyaan atau tanggapan siswa dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai
bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡ Siswa membuat kesimpulan dibimbing guru kemudian
dilaksanakan kegiatan remedial dan/atau pengayaan.
¡ Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
I. Penilaian Hasil Pembelajaran
· Teknik : Penilaian autentik 3 Ranah Pendidikan dalam
bentuk :
1. Test Pengetahuan.
2. Portofolio Produk
dan Proyek Ketrampilan.
· Instrumen Penilaian dan Pedoman Penskoran :
1. Test Pengetahuan
Penilaian Pengetahuan dilakukan dengan metode skoring
kemudian diisikan ke tabel
No
|
Nama Siswa
|
Materi :
|
Materi :
|
Rata-rata
|
||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 = Kurang, 2 = Cukup, 3 = Baik, dan 4 = Sangat
baik.
2. Portofolio Produk dan Proyek Ketrampilan
Penilaian dilakukan dengan berpedoman pada rubrik
penskoran.
Kegiatan dan unjuk kerja siswa dinilai dengan
catatan anekdot.
Format penilaian kompetisi antar kelompok
No.
|
Indikator yang dinilai
|
Kel.A
|
Kel. B
|
Keterangan
|
Skor
|
Skor
|
|||
1
|
|
|
|
Pemenang dalam permainan
ini
adalah _______
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
Format penilaian kompetisi antar individu
No.
|
Nama Siswa
|
Skor
Perolehan
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
Format penilaian unjuk kerja
No
|
Nama
Peserta
Didik
|
Aspek yang diamati
|
Jml Skor
|
Ket.
|
|||||||||||||||||||||||
Aspek 1
|
Aspek 2
|
Aspek 3
|
Aspek 4
|
Aspek 5
|
Aspek 6
|
||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor Max = 24
|
|
|
No comments:
Post a Comment