UCAPAN IDUL FITRI

SELAMAT DATANG DI BLOG SD MUHAMMADIYAH TELUK BETUNG ALABIO.

Tuesday, January 16, 2018

RPP PJOK Kelas 4 Semester 2 Revisi 2017

Seperti halnya Matematika pemisahan muatan pelajaran PJOK pada kelas tinggi, tentunya berpengaruh pada perangkat pembelajaran. Misalnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, tentunya juga berdiri sendiri diluar tematik. Untuk itu guru PJOK yang mengajar di kelas 4 berikut kami sajikan Perangkat Pembelajaran berupa RPP yang sudah disesuaikan dengan edisi revisi terbaru.

Berikut kami tampilkan contohnya

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             : SD Muh. Bersub. Teluk Betung
Mata Pelajaran                    : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK)
Kelas / Semester                 : 4 / 2
Tema                                     : 6. Cita-citaku
Subtema                               : 1. Aku dan Cita-citaku
Pertemuan                            : 1
Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit (1 Pertemuan)

A.  Kompetensi Inti
1.   Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.   Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, serta dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  Tujuan Pembelajaran
·         Dengan bermain kasti siswa mampu mengaplikasikan keterampilan memukul, melempar, dan menangkap bola, serta keterampilan berlari dengan benar.

C.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7       Menerapkan prosedur variasi gerak dasar  langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
4.7       Mempraktikkan variasi gerak dasar  langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
Indikator:
·         Mendemonstrasikan keterampilan memukul, melempar dan menangkap bola, serta keterampilan berlari dalam permainan kasti.

D.  Materi Pembelajaran
·         Permainan bola kasti

E.   Metode Pembelajaran
·         Kolaborasi metode ceramah, diskusi, refleksi, resitasi dan tanya jawab, dilaksanakan secara kontekstual dengan pendekatan saintifik.

F.   Media Pembelajaran
·         Gambar terkait materi.

G.  Sumber Belajar
·         Buku Guru dan Buku Siswa Tematik Kelas 4 SD/MI serta buku referensi lainnya.

H.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kehadiran siswa.
¡  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
¡  Guru menjelaskan aspek, jenis dan teknik penilaian yang akan dilaksanakan.
¡  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan kegiatan literasi selama 5 menit.
20 menit
Inti
¡  Siswa kelapangan untuk melakukan kegiatan olahraga
¡  Guru mendampingi siswa menuju kelapangan,kemudian memberi instruksi untuk pemanasan dilakukan minimal 10 menit
¡  Siswa memperagakan aktivitas lempar tangkap bola kecil berdasarkan contoh yang di beri guru
¡  Guru meminta siswa agar tidak memilih-milih teman.Guru memberi penghargaan pada siswa tentang hal ini agar mereka termotivasi untuk selalu membiasakan diri mensyukuri keberagaman sebagai anugrahTuhan yang Maha Esa
¡  Siswa mempraktekkan keterampilan melempar dan menangkap bola ini dalam permainan (penilaian 1 )
¡  Setelah mempraktekkan permainan kasti ,siswa menjawab pertanyaan pada buku dan mendiskusikannya dengan teman
50 menit
Penutup
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan siswa dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Siswa membuat kesimpulan dibimbing guru kemudian dilaksanakan kegiatan remedial dan/atau pengayaan.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
10 menit

I.    Penilaian Hasil Pembelajaran
·       Teknik            :  Penilaian autentik 3 Ranah Pendidikan dalam bentuk :
                            1. Test Pengetahuan.
                            2. Portofolio Produk dan Proyek Ketrampilan.
·       Instrumen Penilaian dan Pedoman Penskoran :
1. Test Pengetahuan
Penilaian Pengetahuan dilakukan dengan metode skoring kemudian diisikan ke tabel
No
Nama Siswa
Materi :

Materi :

Rata-rata
4
3
2
1
4
3
2
1
1










dst










1 = Kurang, 2 = Cukup, 3 = Baik, dan 4 = Sangat baik.
2. Portofolio Produk dan Proyek Ketrampilan
Penilaian dilakukan dengan berpedoman pada rubrik penskoran.
Kegiatan dan unjuk kerja siswa dinilai dengan catatan anekdot.
Format penilaian kompetisi antar kelompok
No.
Indikator yang dinilai
Kel.A
Kel. B
Keterangan
Skor
Skor
1



Pemenang dalam permainan ini
adalah _______

Jumlah Skor




Format penilaian kompetisi antar individu
No.
Nama Siswa
Skor
Perolehan
Keterangan
1




Format penilaian unjuk kerja
No
Nama
Peserta
Didik
Aspek yang diamati
Jml Skor
Ket.
Aspek 1
Aspek 2
Aspek 3
Aspek 4
Aspek 5
Aspek 6
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1



























Jumlah Skor Max = 24





 Untuk selengkapnya, silakan Bapak/Ibu mendownloadnya disini.

No comments:

Post a Comment