UCAPAN IDUL FITRI

SELAMAT DATANG DI BLOG SD MUHAMMADIYAH TELUK BETUNG ALABIO.

Saturday, January 13, 2018

Pengenalan Sejarah Banjar Lewat Nonton Bareng Film "Antasari"


Pangeran Antasari adalah Pahlawan Nasional dari Kalimantan Selatan. Beliau adalah putra asli Kerajaan Banjar. Ketika Belanda menjajah wilayah Kalimantan Selatan dan ikut campur dalam pemerintahan Raja Banjar, konflik pun mulai muncul. Banyak sejarah yang berkaitan dengan perebutan kekuasaan di Kerajaan Banjar yang terungkap dalam Film Pangeran Antasari. Namun sayangnya, untuk generasi sekarang, banyak yang kurang mengetahui sejarah Kerajaan Banjar pada era Pangeran Antasari.

Adanya film yang berjudul Pangeran Antasari membuat dewan guru berinisiatif untuk mengadakan nonton bareng film tersebut dengan tujuan untuk mengenalkan sosok Pangeran Antasari kepada siswa di SD Muhammadiyah Teluk Betung. Atas dasar itulah maka pada hari Sabtu, tanggal 13 Januari 2018 diadakan nonton bareng film Pangeran Antasari yang diperunutkkan bagi seluruh siswa dan dewan guru.

Pada saat penayangan film tersebut, terlihat siswa sangat antusias menyaksikan film. Dari awal sampai akhir penayangan, mereka mengikuti dengan baik. Banyak hal yang awalnya hanya mengenal Pangeran Antasari hanya berupa nama, setelah menonton film mereka mengetahui lebih banyak lagi.

Namun sayang, menurut salah seorang dewan guru, tayangan tersebut alangkah lebih baiknya lagi tidak menayangkan adegan percintaan yang sedikit muncul dalam film tersebut. Secara umum, film tersebut sangat baik untuk ditonton karena mengandung nilai sejarah yang selama ini tidak banyak diketahui berbagai kalangan. Semoga dengan adanya film ini, akan menambah wawasan dan meningkatkan kualitas karakter siswa dalam menghargai jasa-jasa dan meniru sifat kepahlawanan.

No comments:

Post a Comment